Ad Code

 


Aceh Timur Dukung Program USAID SEGAR

Banda Aceh - Pj.Bupati Aceh Timur   Ir.Mahyuddin, M.Si memberi sambutan pada Acara Talk show Implementasi Bisnis Hijau pada Komoditas Berbasis Lahan Peluang dan Tantangan di Provinsi Aceh Banda Aceh, 25 Agustus 2022.

Pertemuan yang bertajuk "Implementasi Bisnis Hijau untuk Komoditas Berbasis Lahan" yang dilaksanakan oleh proyek Sustainable Environmental Governance Across Regions (SEGAR) yang merupakan salah satu program kerjasama antara Pemerintah Indonesia melalui Bappenas dengan Pemerintah Amerika Serikat melalui USAID.

Pj. Bupati  Mahyuddin,  menjelaskan  Kabupaten Aceh Timur adalah 1 (satu) dari 3 (tiga) Kabupaten terpilih di Aceh yang melaksanakan Proyek USAID SEGAR, yakni Kabupaten Aceh Timur, Aceh Utara dan Aceh Tamiang.

"Untuk itu Kami selaku pemerintah daerah Kabupaten Aceh Timur ingin menunjukan bahwasannya kami sangat mendukung keberadaan Program USAID SEGAR, dan selanjutnya dapat mendukung upaya terwujudnya pengembangan sub sektor tanaman perkebunan yang berkelanjutan di Kabupaten Aceh Timur," ujar Mahyuddin.

Dalam kesempatan itu Ir. Mahyuddin memaparkan  Kabupaten Aceh Timur merupakan kabupaten yang memiliki komoditas unggulan dari sub sektor tanaman perkebunan yaitu kelapa sawit, kakao, karet dan kelapa.

Oleh karena itu,  agar terciptanya pembangunan berkelanjutan di bidang perkebunan, diperlukan kolaborasi para pihak, paling tidak ada EMPAT hal yang Perlu dilakukan.

Pertama katanya,  mendorong dan memfasilitasi pelaku usaha untuk mematuhi standar perkebunan lingkungan dan sosial, selanjutnya mendorong dan memfasilitasi pelaku usaha perkebunan, termasuk lembaga Keuangan untuk berinvestasi pada program Restorasi Ekosistem, Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (GRK), dan Konservasi Keanekaragaman Hayati.

Selanjutnya pentingnya Berkolaborasi perkebunan untuk menghijaukan rantai pasok komoditasnya dan Berkolaborasi pelaku usaha perkebunan untuk meningkatkan kapasitas petani dalam menerapkan praktek budidaya berkelanjutan.

"Pelaku swasta dalam hal ini perusahaan perkebuanan dan juga termasuk institusi keuangan, memiliki peran yang sangat penting dalam membantu proses pembangunan berkelanjutan,"  katanya.

Diakhir sambutannya Pj. Bupati Mahyuddin berharap kegiatan Talk Show Implementasi Bisnis Hijau pada Komoditas Berbasis Lahan Peluang dan Tantangan akan dapat memberikan masukanmasukan positif dan kostruktif.

"Tentunya dalam mendukung kerangka besar pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Provinsi Aceh, dan khususnya di Kabupaten Aceh Timur," demikian tutup Pj.Bupati  Aceh Timur.(Juanda)