Ad Code

 


Anjungan Aceh Timur Siap Pamer Ragam Cagar Budaya Di PKA Ke - 8


Banda Aceh - Dalam rangka menyukseskan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 Pemerintah Kabupaten Aceh Timur bakal mempromosi sebanyak 100 item cagar budaya.

"Promosi 100 item cagar budaya bagian penting untuk merawat budaya agar tidak
tidak terkikis ditelan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Timur, Suriadi, SE, Sabtu 4 November 2023.

Suriadi mengatakan diantara mempromosikan ratusan ragam budaya itu Kabupaten Aceh Timur kali ini juga memamerkan sebuah Kitab Suci Alqur’an tinta emas.

"Kitab suci Alquran ini dari daerah Lokop Kecamatan Serbajadi dengan lukisan ditengahnya sangat indah yang dikenal dengan puncok rumbong," sebut Suriadi

Suriadi merincikan 100 item cagar budaya diantaranya bate ranup perak, cape kepala tali pigang, cerana buah, pistol marsose portigus abad 18, cerapam merantek bulat, cerapam merantek biasa, cirik panjang.

Selain mempromosi sebanyak 100 item dalam ajungan cagar budaya, Dekranasda juga menampilkan berbagai kerajinan tangan masyarakat seperti kain tenun, anyaman pandan, wadah batok, dan tikar. Selain itu, sesuai dengan tema rempahkan bumi pulihkan dunia juga memaerkan kulit maneh, kunyit dan lain-lain.

Dia berharap, seluruh masyarakat Aceh Timur khususnya mendukung dan menyukseskan PKA kali ini yang menjadi agenda 4 tahunan ini.

“Mari kita dukung PKA dan kita meriahkan dengan menghidupkan kembali adat budaya Aceh yang telah tertimbun lama, sehingga generasi Aceh ke depan mengetahui berbagai peninggalan keturunan Aceh masa lalu," demikian tutup Suriadi.

Sementara itu PJ. Bupati Aceh Timur Ir. Mahyuddin, M.Si ikut memantau langsung kesiapan anjungan Kabupaten Aceh Timur dalam mempersiapkan pameran di PKA tahun ini. Saat ke Anjungan ia juga turut ditemani PJ. Walikota Langsa Syaridin.