Ad Code

 


Diskominfo Aceh Timur Gelar Pelatihan Pemasaran Digital Dasar


Aceh Timur – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Aceh Timur menggelar pelatihan Pemasaran Digital Dasar secara Zoom Meeting, yang berlangsung selama dua hari, Selasa dan Rabu (24-25/10/2023).

Pelatihan yang bekerjasama dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan ini diikuti sebanyak 219 peserta dari kalangan wirausaha dan masyarakat umum. Pada pelatihan tersebut membahas tentang membangun kewirausahaan, mengenal dan Merancang Bisnis, Perencanaan Bisnis dan Profit Plan, dan Memanfaatkan Teknologi Digital untuk Membangun Bisnis.

Pj Sekretaris Daerah Aceh Timur, Teuku Reza Rizki, SH, M.Si melalui Kadis Kominfo Aceh Timur Nauli, S.STP. M.AP saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan bagian dari program digital talent scholarship dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang bertujuan menyiapkan sumber daya manusia unggul untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan dalam rangka peningkatan ekonomi digital.

“Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Timur memiliki peran besar dalam digitalisasi kewirausahaan di Kabupaten Aceh Timur yang ditujukan kepada masyarakat, calon pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam rangka mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul di era revolusi industri 4.0,” sebut Kadis Kominfo Aceh Timur.

Nauli menambahkan, dalam era digital saat ini, pelaku UMKM akan membutuhkan teknologi informasi yang tepat untuk bisa tumbuh berkembang. Digital marketing menjadi salah satu media yang sering digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi.

Katanya, pengetahuan tentang digital marketing diharapkan dapat memberi manfaat untuk pelaku UMKM, di antaranya dapat menghemat biaya promosi, karena strategi promosi menggunakan media internet memang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan cara-cara konvensional.

Kadis Kominfo menyebutkan, dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa di akses ke seluruh dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai produk sudah tersedia di internet.

“Terimakasih kepada Kepala BPPSDMP Medan, Dr. Christiany Juditha, S.Sos., MA yang juga turut memberikan sambutan pada hari ini dan berharap semoga jalinan kerjasama antara BPPSDMP Kominfo Medan dan Diskominfo Aceh Timur terus berlanjut kedepan untuk meningkatkan kapasitas SDM di Kabupaten Aceh Timur khususnya bidang komunikasi, informasi dan teknologi,” ujar Kadis Kominfo Aceh Timur Nauli, S.STP. M.AP. (Juan)