Ad Code

 


Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur Tingkatkan Peran Pokjanal Posyandu


Aceh Timur - Penjabat Bupati Aceh Timur, Ir. Mahyuddin, M.Si melalui Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra, Syahrizal Fauzi,S.STP, M.AP menyampaikan sambutan sekaligus membuka acara kegiatan Peningkatan Peran Pokjanal Posyandu, bertempat di salah satu Rumah Makan, di kabupaten tersebut,Senin, (5/12/ 2022)

“Berdasarkan data kementerian kesehatan, jumlah kematian ibu mencapai 4.627 jiwa pada 2020. Angka tersebut meningkat 10,25% dibandingkan dengan tahun sebelumnya hanya 4.197 jiwa,” ujar Ir. Mahyuddin, M.Si dalam laporan tertulisnya yang dibacakan Syahrizal Fauzi.

Menurut Syahrizal. penyebab kematian ibu pada tahun lalu, antara lain diakibatkan oleh pendarahan (28,29%), hipertensi (23%), dan gangguan sistem peredaran darah (4,94%). Angka kematian ibu, tambah Syahrizal, mempengaruhi indek pembangunan kesehatan masyarakat yang akan mempengaruhi indek pembanguanan manusia yang menjadi salah satu indikator kinerja daerah.

“Posyandu sebagai upaya kesehatan bersumberdaya masyarakat (UKBM) berperan dalam memberi pelayanan kesehatan ibu dan anak terutama pelayanan dan penyuluhan kesehatan sangat berperan dalam menurunkan angka kematian ibu,” tuturnya.


Tambah Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesra Sekdakab Aceh timur, Tahun 2020 terdata ada 640 Posyandu dengan 2.616 kader, dengan 7 % posyandu aktif. Untuk meningkatkan capaian posyandu aktif sesuai kriteria yang telah ditetapkan kementerian kesehatan, pemerintah daerah telah membentuk kelompok kerja operasional posyandu tingkjat kabupaten sesuai dengan surat keputusan bupati aceh timur nomor 410/387/2021.

“Pokjanal Posyandu adalah kelompok kerja yang tugas dan fungsinya mempunyai keterkaitan dalam pembinaan penyelenggaraan/pengelolaan posyandu yang berkedudukan di pusat, provinsi, kabupaten/kota dan kecamatan. Oleh karena itu sangat diharapkan pembinaan dan pemngembangan posyandu melalui kolaborasi program lintas sektor/OPD,” pungkas Syahrizal.


Hadir pada kegitan tersebut, Asisten SatuS ejkdakab Aceh timur, , Kepala Dinas Kesehatan, peewakilan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Gampong, Ketua Pokjanal Posyandu, dan anggota Pokjanal Kabupaten Aceh Timur. (Juanda)