Ad Code

 


Dinas Syariat Islam Aceh Timur Gelar Perlombaan FASI ke II

Aceh Timur - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Timur H.Salamina,S.Ag,MA melalui Kasi PD Pontren Abi T.Zulfikar S.Sos.I,M.Pd hari ini Jumat 19 mei 2023 menghadiri acara pembukaan Festival Anak Saleh Indonesia (FASI) yang ke 2 yang dilaksanakan di Idi Sport Center Aceh Timur. 

Dalam kesempatan tersebut T.Zulfikar mengatakan festival Anak Saleh Indonesia ( FASI ) merupakan pagelaran lomba kreatifitas santri berprestasi, baik santri Taman Kanak-Kanak Al-Qur’an, Taman Pendidikan Al-Qur’an dan santri Ta’limul Qur’an Lil Aulad.

Dimana kegiatan FASI ini diselenggarakan oleh DPD Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI ) Kabupaten Aceh Timur yang bekerja sama dengan dinas Syariat Islam (DSI) Aceh Timur dan DSI Provinsi Aceh.Ujar Abi T. 

Selanjutnya Abi T.Zullfikar menyebutkan, pergelaran FASI II ini dilaksanakan dari Tanggal 19-21 Mei 2023 yang diikuti 144 Peserta se-aceh Timur dengan memperlombakan tiga cabang lomba yakni,Peragaan Shalat subuh, Hifzil Qur’an Juz 30 Putra/Putri, dan Pidato Bahasa Indonesia (Putra/Putri). Hal tersebut disampaikan Abi T.Zulfikar saat menghadiri Acara FASI di ISC Aceh Timur

T.Zulfikar juga mengatakan diri nya Atas nama Keluarga besar Kantor Kemenag Aceh Timur sangat mendukung kegiatan ke Islaman yang di selenggarakan oleh BKPRMI Aceh Timur

Sementara itu Ketua DPD BKPRMI Aceh Timur, Tgk Muh Isa mengatakan Para peserta yang di ikutkan ke Tingkat Kabupaten merupakan para pemenang lomba juara I & II pada Ajang FASI I tingkat Kecamatan se- Aceh Timur yang di selenggarakan oleh Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kecamatan.

Festival Anak Shaleh Indonesia (FASI) merupakan upaya pembinaan dan pembibitan kader qur ani sebagai cikal bakal kader untuk pergelaran lomba MTQ dimasa yang akan datang,dimana FASI dilaksanakan setiap Satu Tahun sekali dan bisa jadi dua kali dalam setahun sesuai dengan kemampuan anggaran yang kita miliki.

Tgk Muh Isa juga menuturkan Pemenang pertama dari tiap cabang, lanjutnya, akan menjadi perwakilan daerah ke ajang FASI Tingkat Provinsi Aceh Tahun 2023 di Banda Aceh.

Terakhir Tgk Muh Isa menceritakan Proses awal lahirnya FASI di Aceh Timur pada tahun 2022 dimana kami mencari donatur/sumbangan dari pengurus dan dermawan hingga terlaksana fasi pertama di kemenag Aceh Timur. hingga akhir tahun kemaren BKPRMI di bantu dana oleh bang iskandar al Farlaki dari DPR Aceh dan Alhamdulillah berkat perjuangan yang panjang di tahun 2023 FASI ke dua Aceh Timur di bantu dari Dana Pokir atau pokok pikiiran DPRA Aceh Tgk. M.Yunus dari Fraksi Partai Aceh (PA).Tukasnya

Hadir dalam Acara tersebut Asisten II Sekdakab Aceh Timur Dr. Darmawan, Perwakilan Dandim, Perwakilan Dinas Pendidikan, Ketua DPW BKPRMI Aceh, Kabid peribadatan syiar islam dan pengembangan sarana keagamaan  Zulkifli, S Pd., M. Pd,Perwakilan Kemenag Aceh Timur dan Awak Media. (Juanda)