Ad Code

 


Menteri Sosial Bangun RLH dan Bantu Pengobatan Anak Penderita Hidrosefalus di Aceh Timur


Aceh Timur - Menteri Sosial RI Tri Rismaharini kembali mengunjungi Kabupaten Aceh Timur pada Rabu (1/1/2023), pada kunjungan yang kedua kalinya ini Tri Rismaharini mengunjungi titik lokasi pembangunan 11 unit Rumah Layak Huni (RLH), di Desa Seneubok Simpang, Kecamatan Darul Aman, Aceh Timur.

Selain membangun rumah layak huni, Menteri Sosial RI ini juga turut membantu biaya pengobatan terhadap anak penderita Hidrosefalus yang bernama Anugrah Agustina (7), yang saat ini mengalami penyakit kelebihan cairan hingga menyebabkan pembengkakan di bagian kepala.

Adapun pembangunan rumah layak huni yang akan dibangun sejumlah 11 unit, yang bersumber dari donasi pembaca media Kompas sebanyak 8 unit dan sisanya bersumber dari bantuan Kementerian Sosial.

Sedangkan untuk bantuan untuk biaya pengobatan Anugrah Agustina, Menteri Sosial menyalurkan bantuan biaya Rp 73,2 juta rupiah, ditambah bantuan dari Asistensi Rehabilitasi Sosial (Atensi) sejumlah Rp9 juta rupiah.

Dihadapan ratusan warga Desa Seuneubok Simpang Menteri Sosial RI Tri Rismaharini mengatakan, sejumlah bantuan rumah yang akan dibangun bersumber dari media Kompas, selebihnya bantu juga disalurkan dari Kementerian Sosial untuk warga yang saat ini menempati rumah tidak layak huni (RTLH).

"Anggaran dikementerian masih sangat terbatas, ini sebagian bantuan dari Kompas," kata Tri Rismaharini usai melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah layak huni, Rabu (1/1/2023), di Desa Seuneubok Simpang.

Selain itu Tri Rismaharini juga turut menyerahkan sejumlah paket bantuan kepada anak-anak sekolah dan warga miskin yang membutuhkan modal usaha pada acara itu.

Sementara itu Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin MSi dalam penyambutannya turut menyampaikan terimakasih atas perhatian dan bantuan Menteri Sosial kepada warganya yang ada di Aceh Timur.

Pj Bupati Aceh Timur juga menyampaikan, sebelumnya Ibu Menteri Sosial juga telah memberikan bantuan pada 2022 kepada masyarakat yang terkena banjir, serta santunan kepada korban yang meninggal saat itu.

"Alhamdulillah pada hai ini kunjungan Ibu Menteri Sosial yang kedua kalinya, dalam rangka menyerahkan bantuan ruma layak huni serta batuan kewirausahaan yang sudah diterima sebelumnya," sebut Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin.

Pj Bupati juga menambahkan, sebelumnya pada tahun lalu Kementerian Sosial juga telah menyalurkan bantuan PKH sebesar Rp 64.752.950.000,-. Sedangkan untuk rumah sejahtera terpadu sebesar Rp 80.000.000,- yang diberikan kepada empat penerima dan tersebar di 4 kecamatan dalam wilayah kabupaten Aceh Timur.

Ir Mahyuddin mengharapkan, bantuan sosial PKH yang diberikan oleh pemerintah dapat mengurangi beban ekonomi keluarga penerima manfaat PKH.

"Dan semoga masyarakat Aceh Timur bisa memanfaatkan semua bantuan yang diberikan dengan sebaik-baiknya," harap Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin yang turut didampingi oleh unsur Forkopimda, Plt Sekda dan sejumlah Kepala OPD lainnya dari jajaran pemerintah Aceh Timur.

Mahyuddin menambahkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dirinya sangat mengucapkan terimakasih atas kehadiran Menteri Sosial RI dan rombongan.

"Semoga kedepannya Kemensos dapat menambahkan lagi alokasi bantuannya di Kabupaten Aceh Timur. Insya Allah Allah SWT meridhoi setiap niat, gerak dan langkah kita semua, amin," ucap Pj Bupati Aceh Timur Ir Mahyuddin mengakhiri pidato saat penyambutan Menteri Sosial RI Tri Rismaharini di Aceh Timur.(Juanda)