Ad Code

 


Kejuaraan Sepakbola Bupati Cup Aceh Timur U12 Ajang Cari Talenta Sepak Bola Aceh


Aceh Timur - Sebanyak 16 tim Sekolah Sepak Bola ( SSB) ikut bertanding dalam Kejuaraan/festival sepak bola usia Dini Bupati Cup Aceh Timur Usia 12. Even  ini dihelat sejak Sabtu 9-10 September 2023 di Stadion Mon Sikureung  Idi.

Kejuaraan bergengsi  ini dalam rangka mencari talenta baru atlet sepakbola Aceh Timur. Event ini memperebutkan  hadiah dengan total 10 juta rupiah.

"Peserta yang kami undang sebanyak 16 tim SSB  yang berasal dari kabupaten Aceh Timur, Kota Langsa dan Aceh Tamiang. Semoga semua tim dapat bertanding sportif selama berjalannya pertandingan," kata  Ketua Panitia Pelaksana Kadis Parpora Kabupaten Aceh Timur Syahril,S.STP, M.AP dalam laporannya.

Syahril menambahkan kejuaraan ini pihaknya bersama panitia melakukan terobosan baru dengan memberlakukan syarat melampirkan Kartu Identitas Anak  KIA bagi pemain.Hal ini penting dilakukan sebagai upaya tidak terjadinya manipulasi data. Sehingga even ini benar- benar menjunjung tinggi sportifitasnya.

"Kita komitmen menjalankan aturan yang telah disepakati sejak awal. Kita hanya ingin fair play dalam kejuaraan ini bisa terwujud," timpal Syahril.

Sementara itu Pj Bupati Aceh Timur dalam hal ini di wakili Asisten Bidang Ekonomi Dan Pembangunan Setdakab Aceh Timur, Dr. Darmawan M.Ali, ST. MISD mengapresiasi Kepala Dinas Pariwisata Pemuda olahraga Aceh Timur atas inisiatifnya mengelar even ini.

"Apresiasi atas kegiatan yang telah berlangsung ini. Apalagi ini merupakan kejuaraan sepakbola usia dini  perdana dilaksanakan. Mudah-mudahan ini sebagai sarana konsolidasi adu bakat dan prestasi sepakbola sejak usia dini," kata Darmawan.

Lebih lanjut Darmawan menilai kejuaraan festival sepak bola usia dini merupakan kejuaraan yang bernilai penting dan strategis, sebab kejuaraan ini dapat dijadikan salah satu indikator bahwa pembinaan cabang olahraga sepak bola usia dini di Aceh Timur masih berjalan.

Selain itu Darmawan juga berharap peran dukungan orang tua terhadap perkembangan sepakbola di usia dini juga sangat penting. Sebab support orang tua akan menjadi motivasi bagi si anak dalam mengasah karir sepakbolanya.

"Kami yakin dengan latihan yang rutin dan even even yang berkelanjutan akan melahirkan atlet sepakbola berprestasi di Aceh Timur yang mampu bermain di level - level nasional hingga internasional," imbuh Dr. Darmawan.

Sementara  secara simbolis kick Off pertama dilakukan oleh Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Dr. Darmawan M.Ali, ST.MISD, yang turut didampingi Kadisparpora Aceh Timur, Syahril , S.STP. M.AP, serta Ketua KONI Aceh Timur, Dr. Firman Dandi, M.Si dan Kapolsek Idi Rayeuk.

Pertandingan pertama dimulai dari kesebelasan Sekolah Sepak Bola SSB Elang Biru, Langsa melawan SSB sematang Jaya Peureulak. Pertandingan yang berlangsung 1x 30 menit ini dimenangi SSB Sematang Jaya Peureulak dengan skor 1: 0.(Juan)