Ad Code

 


Ketua LEKAAT:Sangat Disayangkan Pemkab Aceh Timur Tiadakan Pawai Idul Adha dan Pentingkan Semarak POPDA

Aceh Timur -Tidak seperti biasanya, setiap menyambut malam Idul Adha, setiap tahunnya selalu ada pawai takbiran hampir di seluruh Aceh.

Sangat disayangkan di momen sakral lebaran kali ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Timur tiadakan Takbir Keliling, padahal warga Aceh Timur di perantauan yang pulang ke kampung halaman sangat menginginkan momen takbir keliling diselenggarakan oleh Pemkab Aceh Timur seperti biasanya tahun-tahun berlalu dan yang lebih anehnya pemkab kita malah menyuarakan untuk Memeriahkan ajang Popda pada bulan Juni 2024.

Hal itu dikatakan oleh Kasmidi Ketua LEKAAT (Lembaga Komunikasi dan Advokasi Aceh Timur).

Kasmidi kepada media ini mengatakan,"kita mendengar keluhan masyarakat di beberapa desa dengan bertanya kepada kami apa benar bapak PJ bupati Aceh Timur tidak mengadakan takbiran Idul Adha.

Dikatakannya, sungguh aneh tidak seperti biasa, Pemkab Aceh Timur tidak menjalan Qanun nomor 11 tahun 2022 tentang pelaksanaan syariat Islam bidang ibadah dan syiar Islam,  kenapa Pemkab Aceh Timur tidak melaksanakan pawai akbar malam takbiran.ujar masyarakat tersebut kepada saya.

Ini Aneh tapi nyata, Pemkab Aceh Timur seperti tidak serius mengurus daerah, seperti tidak peduli terhadap kearifan lokal masyarakat.

“Mestinya, hal-hal sakral yang sudah menjadi tradisi masyarakat di Aceh Timur tidak serta merta ditiadakan begitu saja oleh Pemkab Aceh Timur.

"Kami berharap bapak PJ bupati Aceh Timur untuk segera revisi kembali surat edaran tersebut dan meminta agar PJ bupati Aceh Timur dapat menyelenggarakan pawai takbiran  Hari raya Idul Adha 2024 atau 1445 Hijriah.

"Jika ingin memeriahkan setidaknya keduanya jangan hanya fokus Memeriahkan Popda,idul Adha juga di meriahkan harap Kasmidi Kepada pemerintah daerah Aceh Timur.