Ad Code

 


Melalui Jumat Curhat, Kapolres Aceh Timur Dengar Keluh Kesah Masyarakat

Aceh Timur - Berbagai terobosan terus dilakukan Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K. untuk mendekatkan diri pada masyarakat. Salah satu inovasi yang dilakukan dengan menggelar “Jumat Curhat” yakni Kapolres datang menemui warga.

Didampingi pejabat utama, Kapolres Aceh Timur mendatangi warga Kecamatan Idi Tunong dan mendengarkan beragam keluhan yang disampaikan masyarakat, mulai dari pertanian, jalan rusak hingga permasalahan yang ada di masing masing desa pada wilayah tersebut. Jumat (12/05/2023).
Mengawali penyampaiannya Kapolres mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan tersebut. Ia mengatakan kedatangannya bersama rombongan ingin mendapatkan masukan maupun saran terkait pengelolaan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polres Aceh Timur.

"Kami menyadari bahwa pengelolaan situasi kamtibmas itu bukan hanya tanggung jawab dari pihak TNI dan Polri, tentunya butuh sinergitas kita bersama dari seluruh stakeholder yang ada dalam mengelola situasi kamtibmas yang aman dan kondusif," ungkap Kapolres.

Menurutnya, dalam pengelolaan kamtibmas di wilayah hukum Polres Aceh Timur masih memiliki banyak kekurangan yang harus diperbaiki dan tidak bisa dilakukan sendiri.

"Pada kesempatan ini kami ingin mendapatkan masukan dan saran dari bapak ibu sekalian sehingga dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk kinerja kami ke depan", tuturnya.
Selain saran maupun masukan untuk bahan evaluasi kinerja, Kapolres juga membuka diskusi kepada seluruh yang hadir terkait permasalahan yang ada di tengah masyarakat.

"Harapannya setelah dilaksanakan diskusi kita bisa memiliki komitmen maupun solusi sehingga permasalahan-permasalahan tersebut bisa dituntaskan," tutupnya.

Jumat Curhat merupakan kegiatan safari Kapolres Aceh Timur yang digelar rutin setiap hari Jumat dan dilaksanakan secara bergilir untuk mendengarkan permasalahan permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

"Kami turun langsung bertemu warga ngobrol santai, dengan begitu kami mengetahui informasi yang berkembang di masyarakat. Kami juga siap menerima aduan yang bisa segera ditindaklanjuti. Jika berkaitan dengan instansi lain, kami akan berkoordinasi untuk mencarikan solusinya," kata Kapolres.

Meski sudah dua kali digelar Jum’at Curhat di wilayah Kecamatan Idi Tunong, ternyata reaksi masyarakat cukup baik karena mereka tidak segan untuk menyampaikan  permasalahan yang ada. 
Terobosan ini tidak hanya dilakukan oleh Polres saja, namun para Kapolsek jajaran juga turun langsung melakukan hal yang sama. Sebut Kapolres.

“Tujuan dari Jumat Curhat untuk mendapatkan pemecahan masalah, langkah maupun kebijakan yang akan dilakukan.” Terang Kapolres Aceh Timur AKBP Andy Rahmansyah, S.I.K.(Juanda)